Bertepatan dengan hari raya idul fitri 1439 H pada H+3, Sewa Mobil Surabaya berkunjung ke rumah kelahiran Presiden pertama RI, Bapak Soekarno di Surabaya. di Jalan Peneleh gang Pandean IV nomor 40, Kelurahan Peneleh, Kecamatan Genteng. Bung Karno lahir di Surabaya, bukan di Blitar. President pertama RI lahir di Surabaya pada 6 juni 1901.

 

Sebelumnya banyak yang beranggapan bahwa bung Karno lahir di Blitar. Berikut ini, Sewa Mobil Surabaya akan berbagi wawasan tentang masa lalu bung Karno; Pada tahun 1900 ayah bung Karno Raden Soekemi Sosrodihardjo dipindah tugas dari singaraja Bali ke Surabaya. Pada tanggal 6 juni 1901 Ida Ayu Nyoman Rai, melahirkan anak bernama Kusno. Karena anaknya sering sakit maka ketika berumur sebelas tahun namanya diubah menjadi Soekarno. Nyoman Rai merupakan keturunan bangsawan dari Bali beragama Hindu, Raden Soekemi beragama Islam. Mereka telah memiliki seorang putri bernama Sukarmini sebelum Soekarno lahir.

 

Bung Karno pertama kali bersekolah di Tulung Agung bersama kakeknya Raden Hardjokromo hingga akhirnya ia pindah ke Mojokerto, mengikuti orangtuanya yang ditugaskan di Mojokerto. Sekolahnya bernama Eerste Inlandse School, sekolah tempat bapaknya bekerja setelah selesai, melanjutka ke HBS Soerabaja. Bulan Juli 1921, bersama Djoko Asmo rekan satu angkatan di HBS, Soekarno melanjutkan sekolah ke ITB Bandung dengan mengambil jurusan teknik sipil. Dulu namanya bukan ITB tapi Technische Hoogeschool te Bandoeng

gallery/sewa mobil surabaya

Rumah Kelahiran Presiden Soekarno,  di Surabaya